Desa Berbasis Teknologi Informasi / e-Goverment

Terkait dengan ketersediaan sistem teknologi informasi berbasis internet, kantor desa Pematang Johar telah dilengkapi dengan fasilitas jaringan internet Wireless Fidelity (Wifi) untuk menunjang tugas-tugas perkantoran, seperti e-mail, pencarian sumber informasi dan referensi, mengunggah file-file peraturan, dan lain sebagainya.

Demikian juga dengan spesifikasi perangkat komputer yang dimiliki oleh desa, semuanya telah dilengkapi dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang memadai untuk operasi jaringan internet. Termasuk dukungan sumber daya manusianya, rata-rata para perangkat desa telah mampu dan mahir menggunakan aplikasi komputer khususnya perangkat lunak perkantoran (Microsoft Office) dan internet.

Pada saat ini satu-satunya aplikasi berbasis teknologi informasi yang dipergunakan oleh Pemerintah Desa adalah aplikasi pengelolaan keuangan desa yaitu Siskeudes (Sistem Informasi Keuangan Desa), yang berfungsi untuk menyusun APBDes, penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan desa. Aplikasi ini disediakan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Sedangkan untuk pembuatan website Desa Pematang Johar sampai saat ini masih dalam tahap proses pembuatan.