Ekonomi Masyarakat

Mata pencaharian pokok masyarakat Desa Pematang Johar cukup beragam, namun yang terbesar adalah pada sektor pertanian padi sawah. Potensi pertanian padi sawah di Desa Pematang Johar sangat besar, dengan luas lahan persawahan 1.750 Ha dapat menghasilkan rata-rata 7 Ton/Ha per musim panen, lahan persawahan terdapat di dusun I,II, III, IV, V, VI, VII, VIII,IX, X, XIII, XIV dan VX.  Dengan besarnya potensi pertanian yang dimiliki oleh Desa Pematang Johar ini Bupati Deli Serdang pernah memberikan apresiasi berupa Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pembina Ketahanan Pangan.

Di Desa Pematang Johar telah berdiri BUMDES yang bernama “Johar Mandiri Jaya”, yang beridi tahun 2017  yang sumber dana awalnya berasar dari APBDes tahun 2017 sebesar Rp. 20.000.000,- dengan unit usaha Wifi (hotspot) kemudian ditahun 2018 diberikan penambahan modal sebesar Rp. 120.000.000,- dengan tambahan unit usaha berupa penyediaaan ATK, Foto Copy, Brillink, Batik sawah dan layanan pembayaran listrik online (PPOB).

Kemudian ada sektor-sektor lainnya seperti peternakan, wirawasta/perdagangan, industri rumah tangga, PNS, Buruh Harian Lepas dan lain sebagainya.

Dalam sektor peternakan juga cukup memberikan andil yang cukup besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Pematang Johar, dengan jenis ternak bebek yang menghasilkan komoditas utama telur dan daging. Telur dan daging yang dihasilkan selain cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Desa Pematang Johar juga telah dipasarkan ke daerah-daerah lainnya.

Produk-produk unggulan yang ada di Desa Pematang Johar juga bervariasi, seperti batik (Batik Sawah) yang menggunakan pewarna alami dari limbah kayu mangrove, pembuatan Tempe, aneka keripik singkong dan pisang, serta Keripik Pare. Upaya Pemerintah Desa Pematang Johar dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi masyarakat khususnya bagi pengrajin Batik sawah dan penjahit adalah bekerjasama dengan sekolah sekolah-sekolah dan instansi-instansi lainnya yang ada di Desa Pematang Johar, yaitu agar dapat menggunakan batik sawah menjadi salah satu batik seragam.

Selain pemerintah desa, Camat Labuhan Deli juga telah berupaya mendukung pengembangan produk-produk masyarakat dimaksud dengan memberikan sertifikat UMKM kepada para pengusaha, dengan tujuan agar dapat menjalin kemitraan bersama pihak Perbankan dalam bentuk pemberian pinjaman modal usaha.

Dalam upaya meningkatkan Perekonomian Masyarakat pada tahun 2019 ini sedang membangun Wisata Sawah , mengingat luasnya Lahan Persawahan yang ada di Desa Pematang Johar tanpa harus merusak Lahan Pertanian  saat ini juga sedang mengembangkan sistem Padi Organik untuk menunjang konsep Wisata Sawah yang sedang dibangun , Sistem padi Organik yang sedang dikembangkan adalah dengan Sistem dua kali Tanam empat kali Panen dengan demi kian Produksi hasil panen akan meningkat konsep Wisata Sawah yang Dibangun tetap dapat tergjaga. Selain itu persawahan yang ditanami padi dapat ditabur Benih Ikan Disebut dengan Konsep “MINA PADI”, selain itu Pemerintah Desa Pematang Johar akan membangun Kampung Selfi dan Wisata Kuliner Malam .